Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Motorcycle's Rules :)


“Pokoknya gak boleh! Kamu ini ngebantah terus aja!” bentak Papa pada Ullah, yang dibentak jelas merengut sambil memajukkan bibirnya
“Aku kan cuma dianter sama Dhini, Pa” balas Ullah
“Gak ada cuma-cumaan. Kalau gak boleh tetep gak, atau kamu gak usah sekolah aja sekalian, hah?!”
BLAM!!
Bukannya menjawab tapi Ullah sendiri malah membanting pintu kamarnya dengan kesal
Biaarin aja papa marah sendiri, huh... batin Ullah sambil mengambil cemilan di atas meja dan segera menuju kasurnya untuk berbaring
Drrt.. drrt
1 new message received

Fr: Hand_Dhini
Ul, gmana Papamu? Hehe

Tak lama Ullah asik smsan saat Tante Herna, Mama Ullah masuk kamarnya
“Úllah ada apa lagi sma papa mu?” tanya mamanya lembut
“Haduuuuh Ma, tetep aja kok. Masa aku udah SMA gini masih gak boleh naik sepeda motor iih” sewot Ullah
“Bukan gak boleh, tapi papamu itu khawatir sama kamu, Ul”
“Tapi maaaaaa, aku kan bukan anak kecil lagi. Aku udah bisa jaga diri, aku juga udah bisa naik sepeda sendiriiiii kok” bela Ullah
Mamanya dengan sabar menjelaskan kepada putri semata wayangnya, namun yang namanya Ullah tetep aja bersikeras dengan pendapatnya. Karena merasa sia-sia, mamanya pun keluar kamar. Sedangkan Ullah yang berleha di kasur pun tak lama tertidur.
><><><>< 

Saat jam di pergelangan Arul menunjukkan 6.20, saat itulah dari kelasnya ia melihat Ullah turun dari mobil yang setiap hari mengantarnya dan tak lama Pak Hari, sopir pribadi Ullah melajukan mobil kembali.
“Baaa!!” kaget Arul ketika Ullah sudah berada di pintu kelas.
“Aduh dasaar! Iseng banget sih yaa” bentak Ullah , yang dibentak cuma menyengir aja.
“Halah pagi gini udah marah aja , kenapa no Ul?” tanya Arul.
“Biasaa Papa itu loh! Teteeep aja!”
Tak lama Ullah asyik cerita dengan Arul ketika bel berbunyi , Pak Salman pun memasuki kelas.
><><><>< 
“Sore tante hehe ”sambil tetep cengengesan Arul menyapa Tante Herna, mama Ullah ketika abis nganter Ullah pulang sekolah. Tante Herna tersenyum sebagai balasan karena beliau lagi sibuk mengejar deadlinenya.
Arul segera ke dapur rumah bertingkat 2 itu seperti kebiasaannya . Ia dan Ullah emang udah akrab sejak Ullah pindah ke Malang. Di dapur Ia bertemu dengan Bik Nah yang sering diisengi olehnya dan Ullah.
“Bik Nah apa kabar?” sapa Arul sambil mencomot udang goreng yang baru saja disajikan Bik Nah. Emang dasarnya Bik Nah itu suka latah, jadi bukannya menjawab pertanyaan Arul , Ia malah menirukan kembali pertanyaan Arul berulang kali. Arulnya sediri ngakak lebar sambil tetep makan udang. Tapi tawanya berhenti saat ada suara ngikik dari belakangnya.
Pasti Ullah ini
, batin Arul. Dan tebakannya bener, walau hanya berkaos pendek warna ungu dan celana  ¾  aja, hal itu cukup membuat Arul ternganga saat membalikkan badan.
“Curang! Aku belum ganti baju loh ini Ullah” sewot Arul.
“Yeee kayak orang baru aja , udah sana ganti. Biasanya juga langsung nyelonong masuk kan” balas Ullah yang lagi ngebenahin kucir kudanya. Sedangkan Arul masih nyempetin ngacak rambut Ullah sekali dan langsung ngibrit ke kamr mandi.
“Aduuh! Arul!!” suara Ullah membahana  di dapur dengan interior coklat dan krem itu dengan wajah kesalnya.
“Yaampun tiap hari yaa tetep aja kagak pernah akur juga” sambil bergeleng dan berdecak Bik Nah mengomentari  tingkah mereka.
“Abisnya Arul itu loh Bik, tiap hari aku diisengin. Mentang-mentang dianya laki-laki apa yaa! Huh liat aja ntar juga tak bales” Ullah sedang asyik ngobrol sama Bik Nah tidak sadar kalau Arul berbelok ke kamarnya dulu sebelum ke kamar mandi.
Liat-liat aah,kali aja nemu yang seru haha
batin Arul jahil. Tak lama matanya tertumbuk pada buku diary yang berada di sebelah foto Ullah dengannya saat berlibur ke Puncak bulan lalu. Karena penasaran ia pun membuka diary bersampul ungu dan segera membacanya. Tertulis tanggal kemarin sesaat sebelum Ullah tidur,
Huh Papa tetep aja ngelarang ini-itu
Aku kan capek jadi pulang dari pada jalan kaki mending nebeng Dhini
aja , ternyata Papa ada di rumah - ,- ketauan deh!
Alhasil kena omel kultum dari Papa. Teteeeep aja yang diomelin yaa!
Aku kan Cuma naik sepeda motor masa gak boleh sih dari itu :o
Papa jahat!

 Dan seterusnya. Cuma bertema “Papa Jahat”ala Ullah , Arul sendiri cuma bisa geleng aja, ayah-anak satu ini emang gak pernah akur dalam hal beginian. Emang sejak dia kenal Ullah dan Om Hendri dan beliau tau kalau Arul berkendara sepeda motor, Arul sudah sejak awal diwanti-wanti jangan pernah ngebonceng Ullah. Dan saat Ullah bertanya alasannya, Om Hendri hanya memandang Ullah dan Arul tanpa kata.
Arul tau kalau Ullah jelas gengsi. Masa anak jaman sekarang masih aja dipingit gak boleh bawa atau bahkan digonceng lah sama temen buat naik sepeda motor. Tapi Papa Ullah itu kalau masalah peraturan udah disiplin banget. Namun ...
“Aruuuul ! Ngapain di kamarku lancang banget” suara cempreng Ullah membuyarkan lamunan singkat-nya. Reflek ia menutup diary Ullah dan menaruh benda keramat Ullah di bawah selimut.
“Oh ini lo , kok tumben yaa kasurnya lebih empuk gitu hehe”jawab Arul asal. Jelas Ullah melongo mendengar jawaban Arul , tapi Ullah masih loading malah ditinggal Arul yang segera keluar dari kamar yang tetep aja berbackground ungu sebagai warna favorit Ullah.
><><><>< 
 Ketika makan malam tiba , suasana di meja makan hening sehening kuburan *lebay :p..* namun setelah hidangan penutup disajikan , ruangan yang hanya terdiri dari Om Hendri , Tante Herna – orang tua Ullah – dan Ullah sendiri, terdengar suara khas Ullah yang berbicara pada Papanya                 “Pa ... lusa kita jalan-jalan yuk ke Puncak”                 “Astaga Nduk , kan kemarin baru ke sana sama Arul juga tho?”aksen medok Jawa Papa masih kental dalam kalimat tersebut.                 “Tapi kan cuma 2 hari Pa , ke sana lagi yuuk?” ucap Ullah sambil memasang wajah memelas andalannya *padahal cuma biar Papa ikut*                “Papa mungkin bisa mungkin gak . 50-50 lah yah” jawab Papa santai.                 “Papamu kan sibuk sayang . Kalau sempat juga nanti Papa ikut kok” tambah mama Ullah.                 “Sempetin dong Pa , sehari aja yaaa . Pliiiis...” rengek Ullah lagi pada Papanya. Disaat bersamaan handpone Papanya berbunyi tanda panggilan masuk. Segera Om Hendra membuka flap handphone nya dan secara otomatis panggilan terangkat. Sambil berdiri dan berjalan ke ruang TV , Papa Ullah tetap menerima telpon meninggalkan Ullah dan mamanya yang belum juga menyelesaikan desert nya.                 Ullah dan mamanya asyik mengobrolkan weekend mereka di ruang makan saat Papa memanggil Ullah dari ruang TV. Segera Ullah menghampiri Papanya sambil bertanya hal apa yang membikin Papa memanggilnya.                 “Kamu yakin mau ke Puncak lagi? Biasanya kamu kan langsung bosen” tanya Papa to the point.                 “Enggak bosen kok. Suer deh Pa! Pemandangannya kan bagus. Lagipula juga...” kalimat Ullah menggatung sedangkan Ia lanjutkan dalam hati, lagipula juga ini ide gila Arul gara-gara dia baca diaryku -,-                  “Lagi pula kan Ullah bisa bareng Arul lagi Pa” sahut Mama, yang dibicarakan cuma mendelik sesaat pada mamanya dan menyahut juga.                   “Mama kalau ngomong ngawur ah. Aku tuh tiap hari ketemu Arul di sekolah dirumah bosen mah”.   Perbincangan terus berlanjut dengan kesepakatan lusa mereka ke Puncak , dan ide gila Arul pun dimulai juga ...
><><><>< 
“Aruul , Papa udah setuju nih. Jadi gimana permainan selanjutnya?” tanya Ullah yang saat itu ada di depan Arul saat istirahat .               “Gini nih...bla...bla” Arul sibuk menjelaskan panjang kali lebar kali tinggi sama dengan volume balok pada Ullah , untungnya otak Ullah lagi ‘nyaut’ sekarang hehe                “Hah ? Gila aja ! Aku ntar yang dimarahin Rul” protes Ullah setelah detik demi detik penjelasan Arul selesai.                 “Udah percaya aja sama aku” jawab Arul dengan mimik serius
“Ah jelek tau muka lu kalau gitu” ledek Ullah sambil berlalu
“Jadi selama ini aku ganteng kan” Balas Arul nyengir sambil menjajari langkah Ullah
“Apanyaaaaaa sama aja kok iiihh”
Dan mereka berdua pun berlalu sambil terus meledek.
><><><>< 
Papa Ullah sibuk mengecek mobil dengan Arul ketika Ullah dan mamanya datang sambil membawa makanan dan bekal lainnya untuk persiapan perjalanan dan selama ada di Puncak.                 “Rul , kamu cek radiatornya dulu gih yaa. Om mau ke belakang dulu, kebelet nih” pamit Om Hendri kepada Arul yang  masih menerima bekal dari Ullah untuk dimasukkan di mobil.                 “Sip Om hehe” balas Arul.  Arul dan Ullah saling memandang penuh art , sebenernya ini hanya siasat bodoh tapi mau gimana lagi. Arul pun mengecek sesuai perintah dan sesuatu ...                 Semoga aja ini berakhir happy ending , batin Ullah sambil melihat Arul yang sedang melakukan idenya. Tak lama Om Hendri datang dan mereka pun berangkat .
><><><>< 
“Gimana bisa kayak gini sih ini mobil?” sewot Om Hendra ketika mobilnya ngambek di tengah jalan. Sudah 30 menit beliau dan Arul berdiri diluar mobil menanti siapapun yang datang dan memberi tumpangan untuk mereka.Namun tetap saja nihil , sementara jalan yang sepi dan lengang yang berbunyi  hanya kicau burung .                 “Pa, gimana ini? Tadi katanya udah full bensinnya ” protes mama Ullah sambil mengusap rambut putrinya yang terlelap .                 “Tadi aku udah cek Ma, gatau dong Papa kok gini” balas Papa dari luar mobil ketika Arul menepuk pundaknya dengan semangat. Ternyata semakin lama terdengar suatu suara.Yap suara mesin kendaraan. Dalam hati Papa dan Mama Ullah juga Arul berharap banyak pada siapapun yang akan datang itu.                 Tak lama muncul siluet yang tertimpa sinar menyilaukan, bundar, item , kemudian semakin jelas. Helm diatas kepala. Jadiiii ...                 “Yaah kok cuma sepeda motor sih” resah Papa Ullah.                 “Gppa deh Om, daripada gak ada sama sekali kan yaa. Ntar om duluan trus Tante abis itu ...”  ucapan Arul terhenti dengan suara keras Om Hendri                 “Mana ada kayak gitu. Gak ada yang boleh naik sepeda diantara kita, atau yah kamu aja yang naik terus puter-puter sana cari mobil carter”.                 “Tapi Om, belum tentu kan ntar kita nemu mobil pinjaman” Arul terus aja keukeuh dengan pendapatnya, sambil menghentikan laju sepeda motor yang melintas. Om Hendri dan Arul tetap berdebat hingga diketahui penyebab mengapa mengendarai sepeda motor adalah hal haram bagi Om Hendri dan keluarganya. Trauma .
><><><>< 
“Mama aku berangkat yaa. Muaah”
“Tante aku pamit dulu yaa”
Ullah dan Arul bergantian berpamitan pada Mama Ullah saat akan berangkat sekolah. Hari itu, setelah seminggu berlalu sejak piknik terencana yang membuat sejarah baru di keluarga Ullah. Ia mulai boleh digonceng sepeda motor namun tetep aja hati-hati.
Semua terbongkar ketika Ullah tertidur dimana Arul dan Papa Ullah sibuk berdebat keras. Saat Om Hendri kecil bermain bersama 5 saudara kandungnya di depan jalan rumahnya yang masih di desa. Dan saat sebuah benda beroda dua dengan mesin yang masih akan teringat dalam ingatan Om Hendri melaju sekencang-kencangnya kecepatan angin.
Menjadikan tubuh sempurna milik saudara Om Hendri tinggalah seonggok daging hancur berantakan. Om Hendri yang saat itu sedang mengambil minum di teras rumah, hanyalah seorang yang selamat. Sejak itu, tak ada kata sepeda motor bagi Om Hendri.
“Yuk berangkat buruan Rul, macet nih ntar” sentakan Ullah membuyarkan percakapan Arul dan Om Hendri yang sempat terlintas.
“Iyaa iya dasar manja ah” balas Arul
Tak lama deru sepeda khas Arul pun memecah jalan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar